catatan kecil

September 17, 2009

cochlear implant

Filed under: info ringan,THT — ningrum @ 6:14 am

PENDAHULUAN

  • Cochlear implant adalah sebuah alat elektronik kecil yang dapat membantu orang untuk mendengar. Implan ini biasanya digunakan pada orang yang tuli ataupun orang yang kesulitan mendengar. Implan cochlear tidak sama dengan hearing aid (alat bantu dengar) karena alat ini ditanamkan dengan pembedahan dan bekerja dengan cara yang berbeda.
  • Implan cochlear disebut juga telinga bionik.

fig 1

COCHLEAR IMPLANT

  • Tidak seperti alat bantu dengar/hearing aid, implan cochlear tidak memperkuat suara, akan tetapi bekerja secara langsung merangsang fungsi nervus auditorius didalam koklea menggunakan medan listrik.
  • Bagian implan cochlear ada dua: komponen eksternal yang bertempat di belakang telinga dan bagian kedua yang ditanamkan secara bedah dibawah kulit kepala (bagian temporal)
  • Bagian-bagian implan cochlear :
    • Eksternal

- Mikrofon

- Prosesor percakapan (speech processor)

- Transmitter

  • Internal

- Receiver (alat penerima) dan stimulator

- Susunan elektroda-elektroda

  • Fungsi masing2 bagian:

- Mikrofon → menangkap suara dari luar/lingkungan

- Speech processor → menyaring suara terutama suara yang dapat didengar dan mengirimkan sinyal suara elektrik melalui kabel tipis ke transmiter

- Transmiter → sebuah gulungan kawat yang ditahan oleh magnet, terletak dibelakang telinga luar, yang memancarkan sinyal suara yang telah diproses ke alat internal dengan menggunakan induksi elektromagnetik

- Receiver dan stimulator → yang mengubah sinyal menjadi impuls elektrik dan mengirimkannya melalui kabel internal ke elektroda-elektroda

- Sebuah susunan yang terdiri dari 22 elektroda yang membalut koklea, yang mengirimkan impuls ke nervus pada skala timpani dan langsung ke otak melalui sistem nervus auditorius

fig 2

SIAPA YANG MENGGUNAKAN COCHLEAR IMPLANT?

Walaupun kriterianya sedikit berbeda bagi anak & dewasa, namun didasarkan pada tuntunan yang sama :

- Pasien harus sepenuhnya atau hampir sepenuhnya tuli pada kedua telinga, dan hampir tidak membaik dengan alat bantu dengar / hearing aid.

- Pasien perlu dimotivasi. Setelah implan cochlear ditempatkan, mereka harus belajar bagaimana menggunakan alat dengan baik.

- Pasien membutuhkan harapan masuk akal yang nantinya akan muncul setelah pembedahan. Alat tersebut tidak mengembalikan atau menciptakan pendengaran normal.

- Anak-anak perlu dilibatkan dalam program yang membantu mereka belajar bagaimana memproses suara.

- Untuk menentukan apakah seorang pasien merupakan kandidat untuk implan cochlear, pasien harus melakukan evaluasi medis oleh dokter THT. Evaluasi ini termasuk dengan CT-scan atau MRI otak dan telinga bagian tengah dan dalam.

- Pasien (khususnya anak-anak) mungkin membutuhkan evaluasi psikologis untuk menentukan, apakah mereka kandidat yang baik atau bukan.

CARA KERJA

  • Pada telinga normal, udara dihantarkan melalui udara, menyebabkan membran timpani dan kemudian tulang telinga tengah bergetar. Cara ini mengirimkan gelombang getaran ke telinga bagian dalam. Gelombang ini oleh koklea diubah menjadi sinyal elektrik, yang dikirimkan ke sepanjang nervus auditorius ke otak.
  • Orang yang tuli tidak memiliki fungsi telinga dalam. Implan cochclear berusaha menggantikan fungsi telinga dalam dengan mengubah suara menjadi energi elektrik. Energi bentuk ini digunakan untuk merangsang nervus koklearis mengirimkan sinyal “suara” ke otak.
  • Kebanyakan implan cochlear bekerja menggunakan beberapa cara yang sama. Suara ditangkap oleh mikrofon yang terpasang pada telinga. Suara ini dikirimkan ke speech processor. Suara ini kemudian dianalisa dan diubah menjadi sinyal elektrik, yang dikirim pada receiver yang ditanam dibelakang telinga. Receiver ini mengirimkan sinyal melalui sebuah kabel kedalam telinga bagian dalam. Dari sana rangsangan elektrik dikirimkan ke otak.

OPERASI PEMASANGAN COCHLEAR IMPLANT

  • Alat ini ditanamkan melalui prosedur bedah dibawah anestesi umum, dan operasi biasanya membutuhkan waktu 1 ½ – 5 jam.
  • Pertama-tama area kecil kulit kepala yang letaknya langsung dibelakang telinga, dicukur dan dibersihkan. Kemudian dibuat sebuah insisi kecil pada kulit dibelakang telinga dan dilakukan pengeboran kedalam tulang mastoid dan telinga bagian dalam dimana susunan elektroda disisipkan kedalam koklea.
  • Pasien dapat langsung pulang, namun beberapa pasien membutuhkan rawat inap 1 – 2 hari di rumah sakit.

RESIKO PEMBEDAHAN

  • Implan cochlear merupakan prosedur pembedahan yang relatif aman. Namun sebagaimana semua pembedahan, tetap ada resiko yang memungkinkan. Komplikasi yang paling sering adalah masalah penyembuhan luka. Masalahnya termasuk kerusakan kulit disekitar tempat alat ditanamkan, infeksi di tempat pembedahan dan alat dapat keluar tanpa sengaja.
  • Komplikasi yang jarang terjadi :

- Kerusakan nervus yang membuat wajah miring pada sisi telinga yang dioperasi

- Bocornya cairan disekitar otak (cairan serebrospinal)

- Infeksi cairan disekitar otak (meningitis)

- Pusing sementara (vertigo)

- Alat gagal bekerja

PENYEMBUHAN SETELAH PEMBEDAHAN

  • Setelah bekas operasi sembuh, dan implan dihubungkan pada prosesor dan antena luar, maka dibutuhkan kerja sama dengan spesialis untuk belajar “mendengar” dan memproses suara menggunakan implan cochlear. Spesialis tersebut melibatkan :

- Ahli audiologi

- Terapis berbicara

- Dokter THT

About these ads

22 Comments »

  1. Pertamaxxx

    Comment by Hadi — September 17, 2009 @ 11:47 am | Reply

    • :)

      Comment by ningrum — September 18, 2009 @ 1:35 pm | Reply

  2. Kok gambarnya ga ada

    Comment by Hadi — September 17, 2009 @ 11:48 am | Reply

    • gambar cochlear implant-nya???

      Comment by ningrum — September 18, 2009 @ 1:35 pm | Reply

  3. Salam kenal, itu harganya mahal ya

    Comment by Hadi — September 17, 2009 @ 11:49 am | Reply

    • salam kenal kembali…
      sepertinya harganya memang mahal… saya belum pernah mendengar atau melihat ada orang yg menggunakannya, khususnya di tempat saya berdomisili. sepanjang saya coass di bagian THT RS. dr. Pirngadi Medan pun saya belum pernah melihat atau mendengar ada yg melakukan prosedur pemasangan cochlear implant. kalau hearing aid, ada beberapa yg saya tau.

      Comment by ningrum — September 18, 2009 @ 1:40 pm | Reply

  4. Wah ini sebenarnya hal yang menarik bagi penderita tuli ya. Namun karena harganya mahal barangkali baru orang kaya yang mampu. yang banyak mungkin pengguna hearing aids.
    Mertua saya pernah akan dibelikan hearung aids, tapi beliau nggak mau.
    Sayapun dengan bercanda mengatakan ” wah jangan dulu deh, entar kalau kita ngomongin malah beliau dengar” ha..ha..ha, dasar menantu gokil.
    Thanks infonya nduk.

    Maaf lahir batin atas kesalahan dan kekhilafan baik dalam postingan maupun komentar2 saya.
    Salam hangat dari Surabaya.

    Comment by Pakde Cholik — September 23, 2009 @ 8:58 pm | Reply

    • waduh, terima kasih pakdhe udah mampir (tulisannya ga nambah2 nih :D)
      kalau hearing aid, ada temen saya yang memang pakai pakdhe, pendengarannya terganggu karena pernah mengalami kecelakaan waktu masih kecil…
      saya juga minta maaf atas salah dan khilaf saya pakdhe :)

      Comment by ningrum — September 24, 2009 @ 6:33 am | Reply

  5. Untuk lisan yang mungkin telah salah berucap, Untuk janji yang belum dan tidak bisa ditepati. Untuk prasangka yang kadang timbul dihati. Untuk komentar yang kurang berkenan, yang ungkin pernah saya berikan, dengan setulus hati, saya mohon di maafkan lahir batin. Saya dan Alamendah’s Blog mengucapkan, Selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1430 H.

    Comment by alamendah — September 23, 2009 @ 10:22 pm | Reply

    • terima kasih sudah mampir :)
      maaf lahir bathin juga ya ^_^

      Comment by ningrum — September 24, 2009 @ 6:57 am | Reply

  6. Salam Takzim
    Selamat pagi Indonesia..
    Semakin banyak pakar untuk menyelesaikan keluhan para pasien di bidang kedokteran, sehingga pasien tak perlu khawatir dengan kekurangan panca indranya. Sebagai bukti keistimewaan alat bantu telinga yang satu ini telah membuktikan bahwa dunia medis tidak akan tinggal diam manakala ada keluhan mengenai panca indra.. Karena panca indra salah satu komponen penting untuk hidup.. kembali marilah kita bersyukur diberi itu semua.
    Salam Takzim Batavusqu

    Comment by zipoer7 — September 24, 2009 @ 6:52 am | Reply

    • salam
      terima kasih sudah mampir… terima kasih untuk komentarnya :)

      Comment by ningrum — September 24, 2009 @ 7:09 am | Reply

  7. Bagi yang mau mencari info lebih lanjut tentang Cochlear Implant, bisa kunjungi http://hearing.kasoem.co.id
    atau bisa menghubungi 08999180781.
    Trims

    Comment by Yusep — November 16, 2009 @ 4:15 pm | Reply

    • oke, terima kasih :)

      Comment by ningrum — November 18, 2009 @ 6:16 pm | Reply

  8. biaya nya berapa ya????

    Comment by enzil — July 13, 2010 @ 1:19 pm | Reply

    • Bapak / Ibu bisa menghubungi langsung ke no: 08999180781 untuk informasi harga Cochlear Implant, trims.

      Comment by Yusep — July 13, 2010 @ 4:43 pm | Reply

    • wah, saya ndak tau kalau masalah biaya :)

      Comment by ningrum — July 13, 2010 @ 10:27 pm | Reply

  9. anak saya umur 12 tahun, menderita gangguan pendengaran tapi cuma telinga sebelah kiri. 79 dbell. sementara sih pakai hearing aid. sepertinya kurang nyaman. bisa gak di pasang cochlea implant ini? sedikit2 saya sudah tanya biayanya sih yah namanya untuk anak dipaksain ada lah. tapi aman gak sih? kalau setelah di pasang alatnya rusak? gimana? atau apa perlu secara berkala di perbaharui lagi? mohon infonya ya. thx

    Comment by puspa — November 11, 2010 @ 10:02 am | Reply

    • info lebih lengkap, ibu bisa tanya ke spesialis THT.
      masalah implan yang rusak atau harus diganti, kemungkinan saja ada. tapi saya juga tidak punya info tentang itu :)

      Comment by ningrum — November 22, 2010 @ 7:28 pm | Reply

  10. Thx so much for info.. very useful

    Comment by Lien — August 28, 2011 @ 3:18 pm | Reply

  11. betul ternyata cochlear implant memang canggih, sy brdomisii d sby. sy sudah tanya info ke Kasoem hearing sby yg sudah melakukan operasi implant lebih dari 20 anak dan 13 anak yg di operasi skarang sdh bsa bicara lancar dan dpt sekolah umum…

    Comment by Yanti — December 9, 2011 @ 9:13 pm | Reply

    • alhamdulillah :)

      Comment by ningrum — December 17, 2011 @ 10:54 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 38 other followers

%d bloggers like this: