catatan kecil

November 29, 2009

bersin-bersin dan rinitis alergi

Filed under: info medis ringan — ningrum @ 8:00 am

Bersin-bersin tidak bisa dianggap biasa saja. Jika sudah terlalu sering dan mengganggu kualitas hidup dan aktifitas sehari-hari, maka ada baiknya untuk mencari tahu apa penyebab bersin. Bersin yang disebabkan oleh Rinitis Alergi, tidak bisa dianggap remeh. Sebagai komplikasi dari Rinitis Alergi berupa Asma Bronkial, dimana terdapat kerusakan epitel saluran pernafasan akibat reaksi peradangan yang berkepanjangan.

 Rinitis alergi merupakan penyebab tersering dari rinitis. Rinitis didefinisikan sebagai peradangan dari membran hidung yang ditandai dengan gejala kompleks yang terdiri dari kombinasi beberapa gejala berikut : bersin, hidung tersumbat, hidung gatal dan rinore (sekret hidung). Mata, telinga, sinus dan tenggorokan juga dapat terlibat.

 Definisi

Menurut WHO : “Kelainan pada hidung dengan gejala bersin-bersin, rinore, rasa gatal dan tersumbat setelah mukosa hidung terpapar alergen yang diperantarai oleh IgE

 Klasifikasi

Berdasarkan sifat berlangsungnya dibagi menjadi :

  1. Intermiten (kadang-kadang) : bila gejala kurang dari 4 hari/minggu atau kurang dari 4 minggu
  2. Persisten/menetap bila gejala lebih dari 4 hari/minggu dan atau lebih dari 4 minggu

Sedangkan untuk tingkat berat ringannya penyakit, rinitis alergi dibagi menjadi :

  1. Ringan, bila tidak ditemukan gangguan tidur, gangguan aktifitas harian, bersantai, berolahraga, belajar, bekerja dan hal-hal lain yang mengganggu
  2. Sedang atau berat bila terdapat satu atau lebih dari gangguan tersebut diatas

 Proses terjadinya penyakit

Rinitis alergi merupakan suatu penyakit inflamasi yang diawali dengan tahap sensitisasi dan diikuti dengan reaksi alergi. Reaksi alergi terdiri dari 2 fase yaitu :

  1. Immediate Phase Allergic Reaction atau Reaksi Alergi Fase Cepat
  2. Late Phase Allergic Reaction atau Reaksi Alergi Fase Lambat

Pada rinitis alergi, antigen merangsang epitel respirasi hidung yang sensitif, dan merangsang produksi antibodi yaitu IgE. Sintesis IgE terjadi dalam jaringan limfoid dan dihasilkan oleh sel plasma. Interaksi antibodi IgE dan antigen ini terjadi pada sel mast dan menyebabkan pelepasan mediator farmakologi yang menimbulkan dilatasi vaskular, sekresi kelenjar dan kontraksi otot polos.

 Gejala

  • Yang khas, serangan bersin berulang. Sebetulnya bersin merupakan gejala yang normal, terutama pada pagi hari atau bila terdapat kontak dengan sejumlah besar debu. Hal ini merupakan mekanisme fisiologik, yaitu self cleaning process. Bersin dianggap patologik, bila terjadinya lebih dari 5 kali setiap serangan, sebagai akibat dilepaskannya histamin. Disebut juga sebagai bersin patologis.
  • Keluar ingus (rinore) yang encer dan banyak
  • Hidung tersumbat
  • Hidung dan mata gatal
  • Terkadang disertai dengan lakrimasi (banyak air mata keluar)

 Penatalaksanaan

  1. Hindari kontak dengan alergen penyebabnya (avoidance) dan eliminasi. Keduanya merupakan terapi paling ideal. Eliminasi untuk alergen ingestan (alergi makanan).
  2. Simtomatis, terapi dengan obat-obatan seperti antihistamin, kortikosteroid, obat-obat simpatomimetik.
  3. Operatif dengan konkotomi.
  4. Imunoterapi, digunakan ketika pengobatan medikamentosa gagal mengontrol gejala atau menghasilkan efek samping yang tidak dapat dikompromi. Imunoterapi menekan pembentukan IgE. Imunoterapi juga meningkatkan titer antibodi IgG spesifik.

 Komplikasi

  1. Polip hidung.
  2. Otitis media yang sering residif/berulang, terutama pada anak-anak.
  3. Sinusitis paranasal.
  4. Asma bronkial. Pasien alergi hidung memiliki resiko 4 kali lebih besar mendapat asma bronkial.

 Prognosis

Banyak gejala rinitis alergi dapat dengan mudah diobati. Pada beberapa kasus (khususnya pada anak-anak), orang mungkin memperoleh alergi seiring dengan sistem imun yang menjadi kurang sensitif pada alergen. Efek sistemik, termasuk lelah, mengantuk, dan lesu, dapat muncul dari respon peradangan. Gejala-gejala ini sering menambah perburukan kualitas hidup.

 Artikel lebih lengkap ada disini

About these ads

93 Comments »

  1. ada 2 bersin yg biasa saya alami : kena debu (lagi bersih2 rumah) atau gejala flu. yg pertama, begitu nggak kena debu bersin berhenti, sedangkan yg kedua saya mesti minum obat flu.
    ini benar apa nggak ya, ketika saya terkena “cegukan”, hidung akan saya kilik2 supaya bersin, dan begitu bersin 2 kali saja cegukan saya hilang :)
    pripun mbak ningrum?

    Comment by guskar — November 30, 2009 @ 3:39 pm | Reply

    • wah gus, saya malah baru dengar masalah hidung di-kilik2 hehe :D
      yang saya tau, kalau cegukan bisa dihilangkan dengan menangkup kedua tangan di depan hidung dan mulut, lalu bernafas didalamnya. CO2 yang keluar dari hasil bernafas kita hirup lagi, maka cegukan hilang.
      kalau flu alergi, biasanya bersin > 5x, trus ada pencetus seperti debu. kalo memang gejala flu, diikuti dengan meriang biasanya. :)

      Comment by ningrum — November 30, 2009 @ 9:05 pm | Reply

      • salam,
        Wah baru tahu nie cara menghilangakn cegukan, soale biasanya sudah minum air hangat bergelas-gelas ga manjur juga, yang ada kembung deh hehehe. Trims ya Ning infonya..

        Comment by nenyok — December 1, 2009 @ 7:55 pm

      • air sering ndak mempan memang Ney :)
        mudah2an cara itu bisa berhasil buat Ney kalo nanti terserang cegukan :D

        Comment by ningrum — December 1, 2009 @ 8:46 pm

  2. Saya bersin-bersin kalau :
    1.Debu
    2.Setelah minum es bertubi-tubi
    3.Ada bau gorengandari arah dapur yang nikmat misalnya : goreng trasi atau ikan asin. Wowwwww.

    kalau flu ya saya kasih obat flu.

    Kalau ilmunya Guskar belum pernah saya praktekkan yaitu kilik-kilik hidung. Dulu pernah kilik2 hidung pacar saya malah dicubit sampai gosong.

    Bu dokter, jangan ketinggalan ikut PARADE PUISI CINTA ya.

    salam hangat dari Surabaya

    Comment by Pakde Cholik — December 1, 2009 @ 5:52 am | Reply

    • hahaha… dicubit sampai gosong itu gimana dhe?? :D
      wah dhe, matur nuwun undangannya untuk ikut PARADE PUISI CINTA
      saya ndak jago buat puisi lho, apa saya berguru dulu sama Bundo ya?? :D hehe

      Comment by ningrum — December 1, 2009 @ 7:30 am | Reply

  3. saya pernah dioperasi karena sinusitis mascolaris( bener nggak nih nulisnya?)
    sampai 2x. sekarang saya memang sering bersin kalau mencium sesuatu yg terlalu harum, seperti PakDhe juga, kalau mencium bau ikan asin atau terasi digoreng, pasti besin.
    dan, kalau udara terlalu dingin, hidung tersumbat, apakah ini termasuk alergi juga,Mbak ningrum ?
    salam.

    Comment by bundadontworry — December 1, 2009 @ 12:56 pm | Reply

    • sinusitis maksilaris Bun :)
      bersinnya, dalam sekali bersin > 5x ndak Bun?? kalau memang iya, kemungkinan benar Bun. kalau dengan udara dingin, ada juga yang dinamakan rinitis vasomotor Bun, yang lebih sering berhubungan dengan cuaca.
      untuk rinitis alergi sendiri, hidung terasa sangat gatal dan mata berair, bahkan dalam sekali bersin bisa > 10x. begitu yang saya tau Bunda :)
      namun memang pencegahan utama adalah menjauhkan diri dari pencetus bersin itu. misalnya karena debu, ketika akan bekerja dengan debu ada baiknya kita menggunakan masker :)

      Comment by ningrum — December 1, 2009 @ 4:05 pm | Reply

  4. mantap pembahasan bersin dari ningrum!
    bundo hampir sama dengan 3 sesepuh diatas.. sama-sama sepuh dan sering bersin klo ketemu debu :)

    hanya saja, bundo juga suka bersin klo ada cwo cakep lewat. gimana..?

    Comment by nakjaDimande — December 1, 2009 @ 7:25 pm | Reply

    • selama tidak > 5x dalam sekali bersin, aman itu Bundo-ku
      hehehe… suka bersin kalo ada cowok cakep lewat, si cowok bawa virus flu bukan Bun?? :D

      Comment by ningrum — December 1, 2009 @ 8:44 pm | Reply

  5. jadi kalo bersin > dari 5x.. dianggap alergi ya mba,,
    temen sebelah bangku qu dikantor hampir setiap pagi bersin2.. apakah sudah bisa dipastikan memang alergi ya mba,, ato harus diitung dulu bersinnya lebih dari 5x apa ndak… hehehh..

    cara rayya menghilangkan cegukkan: tahan napas.. terus sambil nengok kearah kanan minum air.. (jangan salah nengok,, karena akan mempengaruhi hasil) dijamin cegukkannya langsung ilang.. terkadang nahan napas buat rayya kurang berhasil,, lalu ada tips tambahan ini dari temen.. ^^

    Comment by wanti annurria — December 18, 2009 @ 12:12 am | Reply

    • menurut literatur sih gitu rayya :)
      biasanya kalo alergi > 5x sekali bersin hehe, rayya itung aja :D

      kenapa harus nengok ke kanan ya?? :D

      Comment by ningrum — December 18, 2009 @ 1:53 pm | Reply

  6. Mba sy mau sharing jg nih,sy punya pembantu yg tiap pg selalu bersin² lama dan berkepanjangan,sekali bersin bs ampe 4-6x hacih..dan itu continue everyday begt,tp ga tentu jg kdg siang,sore,mlm..nah yg ingin sy tanyakan adalah apa bersinnya itu ada virusnya ga?krn dia klo bersin suka ga ditutup mulutnya,hal ini membuat sy jd ilfill
    Nah klo penyakit alergi ini bs disembuhkan ato tdk?dan itu menular ga untuk seisi rmh?sy khawatir sekali krn dirmh sy ada anak balita..τ
    Semoga mba bs menjwb pertnyaan sy dgn jelas ya,THX.

    Comment by vika — March 31, 2010 @ 8:46 am | Reply

    • terima kasih sharingnya vika.. lihatlah ada tidaknya tanda-tanda infeksi virus, jika tidak ada kemungkinan itu alergi. ada baiknya jika kita cek ke dokter juga :)
      kalau alergi, itu tidak menular, karena cenderung berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.
      tapi alangkah baiknya membiasakan diri jika bersin itu menutup mulut :)

      Comment by ningrum — March 31, 2010 @ 5:38 pm | Reply

  7. knp flu dan pilek bisa menjadi otitis media? patofisiologinya?

    Comment by mi2n — June 8, 2010 @ 1:46 pm | Reply

    • berhubungan dengan tuba eustachius ;)

      Comment by ningrum — June 14, 2010 @ 6:14 am | Reply

  8. Saya mau tanya, saya mengalami gejala rinitis alergi. gejala bersin-bersin bahkan sampai 5x berturut turut. hidung gatal dan berair, kuping, mata dan tenggorokan juga terasa gatal. yang ingin saya tanyakan klo gejala tersebut muncul sebaiknya minum obat apa? karena biasanya 4 hari gejala tsb muncul lagi. thanks…!

    Comment by fajrie — July 14, 2010 @ 2:17 pm | Reply

    • biasanya untuk meredakan gejala kita bisa mengkonsumsi anti-histamin (mengingat gejala tersebut muncul karena pelepasan histamin)
      gejala tidak berhubungan dengan jumlah hari, tapi tergantung pemicu berupa alergen. coba perhatikan, apa saja yang menjadi pemicu gejala tersebut :)

      Comment by ningrum — July 18, 2010 @ 10:29 pm | Reply

      • biasanya penyebab utamanya adalah pemakaian AC.. trus apakah saya harus berhenti memakai AC tsb?

        boleh saja memakai AC, tapi suhunya diatur terlebih dahulu :)
        jika memang tidak tahan, boleh dimatikan.

        Comment by fajrie — July 31, 2010 @ 6:32 pm

  9. wah pas banget ne dgn apa yg saya derita saat ne, bersin tu bisa sampai 5 kali bahkan lebih saat bersin, jd itu gmn dunk?
    cara cepat untuk mengatasinya gmn?

    Comment by luchy pinem — July 25, 2010 @ 6:46 pm | Reply

    • menghindari pencetus alergi, itu yang terutama :)
      kalau sudah terlanjur bersin, maka bisa dikurangi dengan mengkonsumsi antihistamin

      Comment by ningrum — July 29, 2010 @ 10:07 am | Reply

  10. saya sering banget bersin-bersin lebih dari 5 kali. dan itu bisa sampe 2-3 jam.
    lalu mata, hidung terasa gatal dan tersumbat.
    saya sering mengalami hal ini dok.
    dan Saya tidak tahu pemicunya apa.

    kira-kira Saya mesti minum obat apa ya dok?
    soalnya sangat mengganggu aktivitas dan tidur Saya.

    Terima kasih.

    Comment by lie — October 13, 2010 @ 11:02 am | Reply

    • pemicu atau alergennya mungkin saja debu atau bulu binatang. bisa juga udara dingin.

      untuk mencegahnya bisa minum antihistamin, seperti cetirizine atau loratadin :)

      Comment by ningrum — October 14, 2010 @ 6:03 am | Reply

  11. istri saya sewaktu hamil sampai melahirkan,masih bersin2 terus sampe sekarang,katanya pas mulai hamil udah mulai bersin2 klao malem,saya ngga tahu dia ada alergi udara dingin apa ga,tapi pernah diobatin obat alergi sembuh tapi sekarang dah mulai bersin2 lagi,ada hubungannya ga sama dia hamil waktu itu.

    Comment by isron — October 14, 2010 @ 12:46 pm | Reply

    • mungkin berhubungan dengan sistem imun ibu-bayi. ada reaksi-reaksi imun ibu-bayi selama hamil yang bisa mempengaruhi baik kondisi ibu maupun kondisi bayi.
      jika memang sangat mengganggu, coba konsultasikan ke ahli imunologi untuk mengetahui dengan tepat penyebabnya dan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. mungkin nantinya ada pemeriksaan-pemeriksaan sehubungan dengan sistem imun.
      sekian

      Comment by ningrum — October 21, 2010 @ 4:59 am | Reply

  12. Mbak saya sering bersin >5X dlm 1x bersin. Disertai mata gatal+b’air & hidung gatal. Itu sangat mengganggu aktvts belajar saya. Apa hanya minum obat alergi sja bisa sembuh mba dr ningr? Apa bisa t’masuk alergi yg seumur hidup?

    Comment by Revius Cindy — November 12, 2010 @ 12:43 pm | Reply

    • minum antihistamin biasanya cuma menghilangkan respon histamin yang menyebabkan bersin.
      cara terbaik adalah menghindari penyebab bersin.
      bisa juga mengkonsumsi imunomodulator untuk daya tahan tubuh terhadap alergi :)

      Comment by ningrum — November 22, 2010 @ 7:26 pm | Reply

  13. saya sendiri sampai sekarang suka gampang sekali bersin-bersin, hidung gatal dan dengan cairan encer (mbeler).
    kalau hidung di kilik2 bakal nambah jadi.
    yang seringnya kalau udara dingin datang, masalahnya saya kerja di ruangan AC, jadinya sering bersin mulu.
    Kalau solusinya menghindari respon penyebab bersin khan repot.
    Namun kadang dalam kondisi yang tidak dingin pun kadang suka bersin-bersin juga.
    Saya sudah coba dengan berolah raga teratur misalnya badminton. Namun belum banyak membantu.
    kalau dengan dibarengi mengkonsumsi imunomodulator, apkah ada efek sampignya dalam jangka panjang?

    terimakasih atas petromax nya.

    salam, Aji

    Comment by Aji Gees — December 10, 2010 @ 2:13 pm | Reply

    • mengkonsumsi imunomodulator juga boleh :)

      Comment by ningrum — December 28, 2010 @ 6:39 am | Reply

  14. Gejala bersin ni adakala dikaitkan dengan resdung. Boleh jadi ada laluan yg dijangkiti kuman. Untuk menghapuskan kuman2 penyebab gejala tersebut, dapatkan kaedah kuat berkesan di sini:

    Ubati bersin

    Semoga info tu dapat membantu.

    Comment by Angin Selat Melaka — January 6, 2011 @ 1:17 am | Reply

  15. saya sering banget bersin2, sampai mata, hidung dan muka saya serasa gatal…itu tidak hanya di waktu pagi terkadang siang atau malam hari, kalau sudah bersin2 saya pasti jadi lemes, hidung tersumbat. jika sedang pilek dan bersin2 saya lihat di hidung saya ada benjolan yang menutupi hidung berwarna merah, tapi jika sedang tidak bersin2 benjolan itu tidak ada. saya hanya minum obat alergi.
    saya hanya alergi atau terkena yang lain ya?????obat yang saya harus minum apa????terima kasih…

    salam gie

    Comment by Anggie putri — February 17, 2011 @ 7:27 am | Reply

    • hmmmm…. benjolan ya?
      coba ke dokter spesialis THT-KL, nanti akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan alat.
      mungkin memang mbak anggie mengidap rhinitis alergi, tapi bisa juga ada penyerta lain

      Comment by ningrum — February 23, 2011 @ 6:20 am | Reply

  16. ibu/bpk saya mau tanya saya bahkan sering bersin2 ini sudah lama saya alami berulang kali saya minum obat tetapi tidak sembuh-sembuh juga saya kurang tau penyebab apakah pakah alergi udara atau apa dan saya juga terkadang sesak nafas,susah tidur bila malam hari,nafsu makan saya juga tidak ada terkadang kalau malam hari tidak makan cuma minum air putih..tolong bpk/ibu memberikan saya solusi saya sudah tidak kuat karena penyakit ini sangat mengganggu aktifitas saya,sebelumnya saya ucapkan banyak trima kasih

    Comment by markus — March 15, 2011 @ 9:30 pm | Reply

    • bapak bisa memeriksakan diri lebih lanjut ke spesialis paru.
      nantinya akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh spesialis paru tersebut…

      Comment by ningrum — March 19, 2011 @ 9:14 am | Reply

  17. ass…..wr . wb .
    saya mau nanya mengapa ketika kita , menghirup atau terhirup merica dapat menyebabkan bersin……..

    Comment by debby — March 29, 2011 @ 7:57 pm | Reply

    • merica itu kan berupa partikel, sama dengan debu. so, kalau terhirup, akan merangsang reseptor di hidung untuk menimbulkan bersin sebagai reaksi penolakan terhadap partikel asing…

      Comment by ningrum — August 13, 2011 @ 4:56 pm | Reply

  18. met siang,,
    mau tanya,ketika pagi hari dan malam hari, ataupun udara dingin saya selalu bersin2..
    dan itu pasti lebih dari 5x,,
    kata salahsatu teman sya,dng minum teh akan mengurangi rasa bersin saya,,tp kenyataannya tidak demikian,,
    lalu bgmna cara agar bersin2 sya itu hilang ?
    trma kasih. .

    Comment by Melati Dewi — June 18, 2011 @ 11:52 am | Reply

    • mudahnya sih minum anti histamin.
      tapi alangkah lebih baiknya jika kita meningkatkan daya tahan tubuh :)

      Comment by ningrum — August 13, 2011 @ 3:57 pm | Reply

  19. Makasih infonya. Boleh tukeran link kah?

    Comment by Edi — October 5, 2011 @ 11:43 pm | Reply

    • boleh :)

      Comment by ningrum — July 23, 2012 @ 12:03 pm | Reply

  20. mksh infonya.

    Comment by ida — October 7, 2011 @ 8:11 pm | Reply

    • Sama-sama, semoga bermanfaat ya..

      Comment by ningrum — October 8, 2011 @ 8:20 am | Reply

  21. saya sedang demam, dan saat itu saya tak ada mengalami bersin2.. Lalu saya ke klinik, dan dinyatakan gejala tipus,.
    dokter memberikan obat sebanyak 6 macam dimakan selama 3 hari. Esoknya saya mulai bersin2 , bukan sesekali, tapi kerap kali..
    dengan hari ini sudah 2 hari saya mengkonsumsi obat, demam saya membaik, tapi saya tetap saja bersin-bersin. dalam 2 hari ini mungkin ada sekitar 30-40 kali saya bersin. Kira2 apa penyebabnya, ini sangat memedihkan hidung dan mengganggu aktifitas saya.. karena virus? atau karena saya alergi obat??
    Saya memang suka bersin saat sehari2 nya, tapi tak pernah sekerap ini..
    mohon bantuannya..
    terimakasih

    Comment by Nurul Azmi — November 9, 2011 @ 5:05 pm | Reply

    • jika disebabkan alergi obat, setahu saya reaksi orang terhadap alergi obat adalah gatal. belum pernah saya temui alergi obat berupa bersin-bersin. coba dikonsultasikan ke ahli imunologi dan alergi untuk mengetahui lebih lanjut, karena seperti yang anda katakan bahwa memang sehari-harinya anda mengalami bersin-bersin.
      demikian

      Comment by ningrum — November 28, 2011 @ 12:08 pm | Reply

  22. saya jg alergi bersin2 gt. minum air putih yg banyak aja. Siang 3 botol aqua. Malem sebelum tidur minum 4 gelas. Besoknya lgsg ga pilek lg

    Comment by the jek — December 2, 2011 @ 1:58 pm | Reply

    • terima kasih saran dan masukannya :)

      Comment by ningrum — December 17, 2011 @ 10:58 am | Reply

  23. mbak, saya setiap hari bersin sdh 4bulanan ini, sehari itu kadang pagi, kalo ga siang atau malam, saya belum pergi berobat karena saya anggap bakal sembuh nantinya.apa ini termasuk alergi ? mengingat keluarga saya tidak punya riwayat penderita alergi, hanya saja saya carrier asma. terimakasih :)

    Comment by aini — December 15, 2011 @ 7:33 pm | Reply

    • carrier asma maksudnya? ada penderita asma dalam keluarga ya?
      nah, bisa saja mbak aini memang alergi, karena sejumlah kasus asma diawali dengan rinitis alergi :)

      Comment by ningrum — December 17, 2011 @ 10:50 am | Reply

  24. masalah yang sama sering bersin-bersin semenjak saya kena penyakit bronhitis, hidung lebih sensitif,lebih parahnya lagi kalo bersin sedang tidur ato pagi-pagi bangun tidur itu efeknya sakit banget ke tenggorokan bengkak dan telinga sebelah sakit, tapi klo bersin siang hari sedang beraktifitas itu ga sakit. kenapa ya???

    Comment by yulia — January 28, 2012 @ 7:31 am | Reply

  25. kok saya sering y setiap pagi bersin-bersin,terkadang mata sya gatal,,terkadang jga kpla,mulut,mata,hidung saya terasa berat dan capek banget….
    apa sebabnya?????

    Comment by isti — March 11, 2012 @ 3:53 pm | Reply

    • bisa saja itu reaksi alergi mbak isti

      Comment by ningrum — March 25, 2012 @ 6:27 pm | Reply

  26. saya ikut nimbrung ya bu.
    hampir tiap hari saya bersin2 karna alergi. dibuat tidur bentar bersin2+melernya insyallah ilang. kadang klo lagi parah sampai sesak napas. klo dah kya gto udah wajib istirahat bu. kemaren kejadian baru yg baru saya alami yg berhubungan dengan alergi ini. biasanya alergi saya hilang dg sendirinya setelah 2jam. tapi kemaren seharian ga ilang2 sampai asmanya nongol lagi trus tiba2 batuk yg keluar sekret (lendir) yg jumlahnya cukup banyak (cukup membasahi baju saya dan temen saya). padahal itu saya abis makan camilan ga da air yg masuk k mulut saya. kata temen saya klo saya muntah pasti camilannya yg keluar. kenapa ini malah air+lendir ya. apa ada kemungkinan trjadi penumpukan cairan/sekret akibat reaksi alergi bu? berbahaya tidak ya klo sudah seperti itu? saya sih disuruh Ro cuma belum saya laksanakan. udah mikir yg macem2 jadi takut duluan. hehe…
    mohon dibantu ya bu….

    Comment by andayani24 — April 29, 2012 @ 9:53 am | Reply

    • wah, asma juga ya? tapi boleh juga kita rontgen..
      penumpukan lendir berlebih itu merupakan respon imunitas saluran nafas. hipersekresi sebenarnya mekanisme pertahanan untuk melindungi saluran nafas itu sendiri. karena ini berhubungan dengan sistem kekebalan (imunitas), maka ada baiknya kita berusaha meningkatkan sistem imun kita, dengan makan makanan bergizi, bebas penyedap dan pengawet :)

      Comment by ningrum — July 23, 2012 @ 12:17 pm | Reply

  27. tiap pagi saya bersin.gk tw krn debu atau pa,, kdang mlah wkt sya tdr ,,
    keluar ingus encer byak,,,, tgorokn kdang jd gatal krn sering bersin,
    tapi it saya alami hya dpag hari sja,,,,
    trMsuk elerg dan brbhaya atau tdk?trimakash :-D

    Comment by wulan — May 24, 2012 @ 6:48 am | Reply

    • melihat gejala yang ada sehubungan dengan cuaca, mungkin saja itu jenis rinitis vasomotor, ada baiknya mengkonsultasikan diri ke dokter spesialis THT-KL untuk lebih memastikannya.

      Comment by ningrum — July 23, 2012 @ 12:21 pm | Reply

  28. saya jg ingin bertanya dok, sy klo bersin itu lama kadang 1-2 jam, shgga myebabkan hidung tersumbat, kluar cairan dari hudung, trus lama2 bisa menyebabkan sesak, kira2 sy terkena vyrus ato alergi apa ya? dan belakangan saya sudah g bisa lagi minum obat yg berbau ANTALGIN, klo sy mkn obat antalgin mk mata saya akan bengkak , padahal dulu nya saya tdk pernah alergi dgn antalgin…mhn masukan nya..trimakasih…

    Comment by surya — June 8, 2012 @ 7:15 pm | Reply

    • mekanisme alergi erat kaitannya dengan sistem imun. sistem imunitas kita sendiri sangatlah kompleks. yang dikatakan rinitis alergi, jika memang ada “alergen” pencetus, jika tidak maka bisa jadi itu flu biasa.
      masalah alergi obat sejenis antalgin. obat merupakan senyawa kimia, dan setiap senyawa kimia, alami dan sintetis akan melalui berbagai tahap dalam tubuh. pada waktu tertentu setelah pemakaian berkepanjangan, obat bisa saja jadi benda asing dalam tubuh dan menimbulkan reaksi alergi obat. ini juga berkaitan dengan sistem imun kita.
      jadi ada baiknya, kita usahakan meningkatkan sistem imun,
      untuk penggunaan obat dan senyawa kimia lainnya, harap menggunakannya dengan hati-hati dan bijaksana.
      sekian

      Comment by ningrum — July 23, 2012 @ 12:31 pm | Reply

  29. saya mau tny dok mohon penjelasannya.saya ini kalo dah bersin2 parah banget terus2an smp cape rasanya.kadang sampai lecet gara2 dilap terus.biasa kl cium aroma2 tajam,dingin n jg debu.gmn cr menyembuhkannya ya.hal ini saya alami sejak hamil anak ke-2 smp skrg jd sering kambuh.mohon infonya,makasih;)

    Comment by Tina Agustin — June 9, 2012 @ 12:47 pm | Reply

    • ini mirip dengan jawaban saya diatas
      ada baiknya bu tina berusaha meningkatkan sistem imun. salah satunya dengan memilih makanan yang bergizi dan menghindari penyedap dan pengawet.
      tubuh kita memiliki sistem pertahanannya sendiri, jadi mulailah dengan menyaring makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita.

      Comment by ningrum — July 23, 2012 @ 12:35 pm | Reply

  30. SAaya sering bersin2 kalau habis berbaring,dan setiap hbs bangun . hidung saya terasa perih dan rasa ingin bersin terus. itu knp ya?

    Comment by mailisa — July 6, 2012 @ 6:38 pm | Reply

    • kalau bersinnya sebentar sih bukan masalah, bangun tidur ya? bisa saja bagian dari mekanisme pembersihan saluran nafas. tapi jika memang ada pencetus berupa “alergen”, maka baru itu alergi..

      Comment by ningrum — July 23, 2012 @ 12:47 pm | Reply

  31. maaf pengen naya, kenapa gejala dari rhinitis tersebut lebih parah pada waktu tertentu? misalnya pada pagi hari?

    Comment by iin — July 13, 2012 @ 7:21 pm | Reply

    • mungkin itu sehubungan dengan kontak dengan udara pagi yang suhunya berbeda dengan suhu ruangan kamar. lagipula memang ada mekanisme fisiologis pembersihan saluran nafas di pagi hari.

      Comment by ningrum — July 23, 2012 @ 1:03 pm | Reply

  32. mau nanya lah,saya sering bersin” yang nentu gitu dan hidung juga sering gatal
    tapi lebih identik bersinnya kalau udah banyak debu gitu
    itu gimana ya?
    itu gejala polip atau tidak ya
    mohon informasinya!

    Comment by Wulan Aj Dech — July 18, 2012 @ 4:36 pm | Reply

    • bersin merupakan reaksi pertahanan tubuh terhadap benda asing yang masuk melalui saluran nafas.
      masalah polip atau bukan, bisa dicek langsung ke dokter spesialis THT-KL untuk diperiksa.
      demikian :)

      Comment by ningrum — July 23, 2012 @ 11:13 am | Reply

  33. saya mengalami bersin yg menurut saya tidak biasa.setia saya bersin satu kali biasax terjadi lg sesudahx,sampai puluhan kali.terus hidung mengeluarkan cairan bening.kejadian itu terjadi terus menerus.apalagi jika saya tidak sedang beraktivitas

    Comment by mohamadbasori — August 10, 2012 @ 9:58 am | Reply

  34. Saya sdh bertahun seperti nii,apa ngaak apa y

    Comment by Lisa — August 22, 2012 @ 1:22 am | Reply

  35. anak saya usia 6 tahun, sudah hampir 2 bulan terakhir ini tiap bersin langsung mengeluarkan ingus. kami periksa di dokter umum katanya alergi. diberi obat alergi berenti, tapi saat obatnya sudah habis. kembali bersin lagi dan langsun keluar ingus. ini sangat mengganggu apalagi kalau pas tidak punya tisu di sekolah atau ditempat ramai lainnya. mohon penjelasannya. makasih. Hamsuri

    Comment by Hamsuri — August 29, 2012 @ 6:22 am | Reply

  36. saya biasa bersin setiap kali bangun tidur,, baik itu bangun pagi, siang atau sebagainya… itu penyebbabya apa ya… tlg dijawab,,, makasie :)

    Comment by Nisa Amalia Putri — September 8, 2012 @ 5:26 pm | Reply

  37. tolong saya mbak, kenapa ya setiap minum obat tablet setelahnya pasti saya bersin² terus jd seperti org flu,hidung gatel meler..pdhl sblmnya sya tdk flu, pokoknya setiap mengkonsumsi obat tablet apa saja. tolong ya mbak kira² knp dan cara mengatasinya.. iuni seing sekali mengganggu kegiatan saya. trims..
    semoga mbak slalu dalam lindungan Allah amin..

    Comment by Fitli Digidung Gidung — September 24, 2012 @ 12:39 pm | Reply

  38. Met siang bu, saya sering bersin bersin, sekli bersin lebih dr 5 kali, kalau bersin saya tutupi pakai tangan dan biasanya keluar lendir yang kentel, hitam. berbahaya kah? karena setiap kali bersin kepala saya langsung pening. trus setelah bersin biasanya langsung meler atau malah tersumbat. sangat mengganggu kualitas hidup saya, terima kasih

    Comment by Joe — October 22, 2012 @ 12:33 pm | Reply

    • hitam? apakah bapak merokok atau terpapar polusi udara terus menerus?
      ada baiknya bapak memeriksakan diri ke dokter spesialis THT

      Comment by ningrum — October 23, 2012 @ 9:27 am | Reply

      • ya saya merokok tapi tidak banyak paling 1 hari cuma 4 batang. sudah periksa ke THT terutama takut mungkin kena polif atau hidung bngkok karena emang hiding saya mancung ^_^, dan kalo tidur mendengkur keras banget ( kata istri :-( ) tapi ternyata normal nomal saja, saranya cuma hindari debu, ma udara dingin. :(

        Comment by Joe — October 25, 2012 @ 8:27 pm

  39. Dok, tiap hari saya selalu bersin2 setelah bersin pasti saya pilek dan mengeluarkan cairan yg encer dari hidung saya, hal ini terjadi pada pagi hari saat sya bangun tidur dan malam hari, kadang juga saat saya terkena debu atau mencium sesuatu yg menyengat, hidung saya langsung gatal dan bersin berkali kali. apakah penyakit atau alergi, bagaimana cara yg baik untuk menyembuhkannya. saya sangat terganggu dok, apalagi saat saya bekerja? apa obatnya dok? terima kasih

    Comment by sudarsih — October 30, 2012 @ 10:18 am | Reply

  40. bu’ tolong dong cara nyenbuhin bersin-bersin & hidung mampet di badan saya . Gejalanya tu pada sa’at bangun tidur . & sampai sa’at ini hidung masih mampet , bergantian mampet nya dan gejala ini udah ada sekitar 1 bulan ”mohon solusinya”

    Comment by agus — December 4, 2012 @ 3:54 am | Reply

  41. malam, ikut gabung yah….sy mau sharing, setiap kali sy terkena dingin,debu psti lngsung bersin” apalagi ketika tubuh sy kurang fit, bersin” itu sngt cpt mnyerang. mskipun pd saat sy sedang tidur santai. dn hal itu sngt mengganggu aktfitas sy terutama ketika mau tidur dan ketika bangun dn tenga malam, mlm inipun sy tdk bisa tdur krn bersin”. sy mau tny obat apa yg baik d konsmsi dn cpt mnymbuhkan pnyki sy ini??? sy bersin” sdh hmpr 6bln, dn sy prnh chek k dokter sy smbuh tp itu hnya smentara, stlah obatnya hbis bersin” itu datng lagi..apa dengan bersin” yg terlalu lama bisa menyebabkan hal yg fatal?????
    trimakasih,,

    Comment by Vha Happy Cll — December 8, 2012 @ 2:59 am | Reply

  42. sepertinya saya mengalami hal itu, gejala2 yang saya alami sama seperti tertulis dh atas, mohon saran untuk pengobatan, terimakasih

    Comment by Aan — December 29, 2012 @ 7:16 pm | Reply

  43. jelas saya mengalami gejala2 seprti yang tertulis diatas.bagaimana cara mengatasi’y denga obat2tan alami…..

    Comment by machleny silalahi — January 14, 2013 @ 5:24 pm | Reply

  44. Setiap bangun tidur saya sering bersin-bersin lebih dari 3 kali terkadang sampe keluar air mata,mau tidur siang ataupun malam,apalagi apabila ada debu dan cuaca dingin itu sudah pasti bersin,kira-kira apa yah obatnya.biar hilang

    Comment by sudrajat — February 14, 2013 @ 3:37 pm | Reply

  45. Wah, saya seperti itu setiap pagi saat bangun tidur pasti bersin-bersin karena cuaca dingin,,
    Untuk meredakan bersin-bersinnya saya suka ngambil nafas dari mulut agar udara dingin tidak masuk ke hidung saya, saya sangat terganggu karena bersin-bersinnya tidak hanya terjadi 3 kali di pagi hari itu saja, tapi berlanjut sampai siang hari. saya bingung mesti bagaimana, ingin berobat tapi dari orangtua sendiri gx ada respeknya hihi bukan hanya pada dingin saja tapi debu pun sama, tolong sarannya ^^

    Comment by Nisa Agnia — March 30, 2013 @ 7:09 am | Reply

  46. mba,penyebab bersin saat kita tidur tengah malam tc apa?masalahnya ru pertama x nc saya mengalami kejadian tc dan bersin2nya berangsur cukup lama
    makasih

    Comment by ayu yeni — April 4, 2013 @ 7:41 pm | Reply

  47. dokter saya mau,dulu hidung saya hanya gatal gatal saja akhirnya saya periksa ke tht sekalian check up amandel.dokter tht bilang saya hanya gejala synus dan harus operasi amandel setelah sudah operasi ..saya merasa kok malah hidung saya yang tambah gatal gatal di pagi hari dan ampir setiap bangun pagi hdiung terasa sakit sekali dan susah nafas.
    dan bersin bersin lebih dari 10 -15 kali…kenapa yah dok?kok bisa seperti itu?mohon jawabanya yah dokter,…terima kasih

    Comment by indrasouza — April 14, 2013 @ 10:17 am | Reply

  48. Aku puya kega yg sama ,Keluar ingus (rinore) yang encer dan banyak
    Hidung tersumbat
    Hidung dan mata gatal
    Terkadang disertai dengan lakrimasi (banyak air mata keluar)setiap bersin kalo di pagi hari atau kalo habis minum” air dingin pasti bersih lebih dari 5 kali

    Comment by claraayu mishell — May 23, 2013 @ 10:41 am | Reply

  49. Maaf mba,bersin bersin yg sy alami hampir tiap saat,kena debu,udara dingin,bila hidung sy sedikit kesenggol juga langsung bersin bersin,kalau gejalanya seperti itu berat atau ringan ya gejala flu nya.

    Comment by Ade iswana — August 29, 2013 @ 9:18 pm | Reply

  50. Setiap malam saya bersin, hidung sumbat, tetapi yang paling menggangu tenggorokkan saya gatal sekali dan ini sudah berlangsung lama. mbak mohon bantuannya

    Comment by juliansen — October 1, 2013 @ 8:27 am | Reply

  51. Adik saya kok hampir tiap hari bersin yah?
    Tiap pagi,tiap malam bahkan siang pun sering bersin, ,,bagaimana ini yah?

    Comment by Sabur — November 13, 2013 @ 8:58 pm | Reply

  52. Maaf Saya mau tanya,saya ini dari kecil udah pilek (ingusan) padahal itu tidak sedang flu,kalo kena flu malah 2x lipat jadinya.sampai sekarang umur saya sudah 23 tahun dan masih tetap sama,sering banget bersin,kalo bangun tidur pagi hari,kena debu,udara dingin,kalo hidung tiba-tiba mampet jg bersin,3 tahun ini saya bekerja di garmen yang memproduksi baju2 washing,dan itu banyak debunya,sedangkan saya kerja di bagian cheking quality walopun saya selalu pake masker yang dilapisi tisu,tetap saja bersin2,,malah satu tahun terakhir ini pipi di bagian bawah mata sebelah kanan saya suka pegel banget jadi ke mata juga,kepala juga jadinya saya gak bisa konsen kerja,saya sudah beberapa kali periksa tapi cuma dibilang alergi trs dikasih obat yang bikin ingus saya keluar banyak banget,selama minum obat itu cm ada sedikit perubahan,dan setelah obat habis ya balik lagi,,saya sering gak tahan kalo muka saya udah pegel,makanya saya sering pake koyo cabe dibawah mata saya.Kalo di rumah saya jarang sakit begitu,tapi kalo sakit dirumah seringnya saya makan sambel sama muka saya basuh pake kain anget.Karena saya baca ini termasuk sinus.Kalo sudah begini apa yang harus saya lakukan dok,untuk mencegah supaya tidak semakin parah? Sekarang kalo saya kena flu dan banyak bersin pasti hidungy berdarah,walopun gk sakit tapi saya takut..Sekarang saya berhenti kerja jarang pergi2 jauh,,soalnya kalo pergi harus pake masker dan seringnya suka pusing.

    Comment by Ayu Sukmawati — January 3, 2014 @ 9:30 pm | Reply

  53. saya selalu bersin yang berkepanjangan, saa bersin selalu dibarengin keluarnya rinore cair dan bening yang banyak, sering tercium bau debu dari hidung saya, saat bersin ataupun tidak sering terasa mata, telinga dan langit-langitt mulut gatal minta ampun, udah gitu kepala saya juga jadi sering mendenyut. bersinnya suka kambuh kalau kena udaya dingin, bahkan hanya memakan makanan dari kulkas sja, sy jadi bersin. dalam kondisi apapun hidung saya selalu tersumbat, terkadang juga ada rasa nyeri di bagian hidung.. gejalanya teralu berbahaya gak ya dok?

    Comment by Triaa Aminah — January 29, 2014 @ 1:27 am | Reply

  54. dokter z mau tanya, z bersin tiap pagi dan setiap bersih2 rumah, dan setiap kali bersin suka mengeluarkan darah kadang sedikit kadang jg banyak bahkan yg kental, apa solusinya dok, obat apa yg harus aku minum, ?

    Comment by srimulya kendar — January 31, 2014 @ 4:59 am | Reply

  55. Mbak,saya tiap bangun tidur bersin2 dan ingus meler,,
    bangun tidur tengah mlam,,bngun pagi,,bngun tdur siang jga sllu bersin2,,,
    yang saya mau tanya apakah bersin2 stiap bngun tdur sehat atau sbuah penyakit…?

    Comment by Defa — March 28, 2014 @ 6:23 am | Reply

  56. Saya sudah mengalami sakit seperti ini sekitar 2 tahun bahkan lebih, semula hanya malam siangnya sembuh sendiri, tapi lama kelamaan menjadi rutin dan saat ini hidung meler hanya bisa dihentikan dengan citirizin, itupun periode cenderung semakin pendek semula 1 tablet bisa tahan seminggu, saat ini hanya bisa bertahan untuk 2 hari, selain hidung meler sering kali di ikuti dengan gatal2 seluruh badan (biduran) dalam kelopak mata juga gatal termasuk dalam telinga, juga pasti di ikuti dengan bersin2, saya merasakan tidak terpengaruh oleh cuaca, kondisi lingkungan atau makanan, hanya pasti datang kalo citirizinnya tdk dimakan.. Demikian mohon bantuan apa yang harus saya lakukan, ke dokter spesialis THT sudah berkali2 hasil foto rontgen kepala atau paru2 juga tidak ada kelainan, mungkin ibu/bpk dr punya cara lain, Terimakasih

    Comment by Yufikar — April 6, 2014 @ 5:37 pm | Reply

  57. Assallamualaikum…
    Saya Sering Bersin di Pagi Hari,dan di sore Hari dan Flu juga,saya sudah berobat eeeh sma aja bgini bgini juga,saya bingung mau gi mana lagi,mau periksa ke rumah sakit gede,saya ga ada duit,ya mungkin saya tinggal berdoa aja,smoga ALLAH menyembuhkan penyakit saya, AMMIIIIIN

    Comment by sukron ma'mun — July 13, 2014 @ 9:44 am | Reply

  58. Sy jengkel dg hdung, tiap terkena air mesti lngsung hdung gtel dan brsin2 lebih dari 10 kali. Jk trkena debu jg bgitu. Sampe keluar ingus. Tp stlah hdung kering, tahu2 brsin2 brhenti dan hlang sndri. Apkh ini penyakit rinitas, minta solusinya. Mkc

    Comment by endri semarang — July 13, 2014 @ 7:17 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 38 other followers

%d bloggers like this: