catatan kecil

August 9, 2009

Mungkinkah…

Filed under: catatan — ningrum @ 6:12 pm

Mungkinkan hatimu secantik wajahmu?

Sepenggal kalimat itu tertera di bagian belakang mobil angkutan umum. Waktu itu saya sedang duduk dalam sebuah angkutan umum lainnya, yang sedang berhenti di terminal Pusat Pasar. Pagi-pagi sekali saya harus singgah di RS. Pirngadi untuk menyerahkan paper seorang teman. Dari RS saya memang harus ke kampus untuk melaksanakan Wajib Hadir coass PH minggu pertama. Ada dua alternatif angkutan umum untuk sampai ke kampus saya, dan yang satu memang harus singgah ke Pusat Pasar. Tadinya saya sempat menyesal, “duh, kenapa tadi naik angkutan umum yang ini?”. Namun, saya berpikir lagi, “ya sudahlah… toh saya nantinya akan sampai di kampus juga”. Dan disanalah saya, duduk di dalam sebuah angkutan umum, mengamati kesibukan orang-orang di Pusat Pasar. Para penjual yang menjajakan dagangannya, para pembeli yang menawar untuk mendapatkan harga termurah, para kuli pengangkut barang, berbagai angkutan umum, hmmm… beragam orang dengan beragam kegiatan.

Tanah becek sekali waktu itu, genangan air dimana-mana. Saya terus mengamati orang-orang, sambil sesekali meneguk minuman botol yang sempat saya beli di mini market RS. Angkutan umum berlalu lalang dan tanpa sengaja mata saya menangkap sepenggal kalimat di atas :

Mungkinkan hatimu secantik wajahmu?

Di samping tulisan tersebut, ada sepotong lukisan/gambar seorang wanita cantik (menurut saya hehe…) berambut pendek. Saya sempat tersenyum membaca tulisan tersebut. Berpikir, mungkinkah setiap hati wanita cantik bisa secantik wajah mereka? Ups, tidak hanya wanita, hal ini seharusnya juga berlaku bagi pria. Hal ini berlaku bagi siapa saja yang mendapat anugerah berupa paras wajah yang cantik/tampan.

Alangkah baiknya jika wajah yang indah dibarengi dengan hati yang indah pula. Menjadikannya sebuah paket yang berharga.

Hmmm… apakah di sini saya berusaha mendiskreditkan mereka yang berparas jelita?? Sama sekali tidak.

Lalu bagaimana mereka yang berparas biasa saja?? Haruskah hati mereka seperti adanya paras mereka?

Saya pribadi tidak pernah memperhatikan seseorang secara fisik. Bagi saya, bagaimanapun paras seseorang, yang paling penting adalah apa yang tersimpan dalam hatinya. Apakah kebaikan yang ada dalam hatinya? Ataukah keburukan semata? Bagaimanapun paras seseorang, itu adalah pemberian Allah. Bagi saya, ciptaan Allah itu indah ^_^

Banyak sekali orang dengan paras biasa saja, memiliki hati sebening kristal, luar biasa indah. Memiliki berjuta kebaikan dalam diri mereka. Memberikan berjuta kebaikan bagi orang lain. Dengan begitu, maka parasnya yang biasa saja, akan terlihat lebih indah. Wajahnya, akan mencerminkan hatinya yang sebening kristal. Orang akan senang melihatnya, walaupun dalam ukuran orang-orang, wajahnya biasa saja.

 

Saya kembali mengamati orang-orang dan menangkap sepotong tulisan lain :

Enjoy aja

Hmm… mungkin terkesan “iklan banget” hehehe… tapi begitulah… Saya kembali tersenyum. Dua kata tersebut bisa menjadi motivasi bagi setiap orang yang membacanya. Saya pribadi, merasa lebih tenang setelah membaca dua kata tersebut. Tadinya saya sempat bolak-balik melihat jam di tangan kiri saya, khawatir terlambat tiba di kampus.

Bayangkan, orang-orang yang bekerja di Pusat Pasar mulai dari pagi buta sampai siang hari, ketika tanpa sengaja membaca dua kata tersebut, kembali bersemangat menyelesaikan pekerjaannya, menikmati pekerjaannya. Ini dalam asumsi, orang tersebut memahami arti dua kata tersebut hehehe… Tapi saya pikir hampir semua orang bisa memahami arti kata “enjoy aja”. Kalaupun tidak begitu paham, setidaknya dua kata tersebut pernah didengar mereka dari iklan hehehe…

Setelah 20 menit singgah di terminal, akhirnya angkutan umum yang saya tumpangi pun bergerak kembali. Yup, itulah 20 menit saya di terminal Pusat Pasar. Saya mendapatkan pelajaran berharga dari sedikit waktu untuk merenungi dan mensyukuri satu bagian perjalanan hidup… alhamdulillah…

8 Comments »

  1. menikmati hidup dengan jargon enjoy saja dalam arti positif akan meningkatakan kualitas diri, termasuk akan membuat hati selalu berbahagia, berbuat baik kepada sesama. hati yg bersinar, wajah akan terpancar dari rona kecantikan…🙂

    Comment by guskar — August 10, 2009 @ 12:49 pm | Reply

    • setuju…🙂
      terima kasih sudah mampir ke rumah kontrakan saya yang sederhana ^_^

      Comment by ningrum — August 10, 2009 @ 5:00 pm | Reply

  2. talk less do more ( iklan juga yah..hehe ) nice post mbak..
    hmm..berarti hatiku juga harus ganteng yah?? ckakaka..

    Comment by zev — August 14, 2009 @ 7:29 am | Reply

    • terima kasih zev ^_^ (lagi dan lagi)
      iya iya… buatlah hatimu seganteng mungkin (xixixi)

      Comment by ningrum — August 14, 2009 @ 8:48 am | Reply

  3. Sebaiknya wajah cantik diikuti juga dengan hati yang cantik. Kalau wajah cantik thok, banyak dan gampang dicari asal berduit.
    Jadi nduk, poleslah wajahmu yang cantik dengan akhlak,budi pekerti,senyum nan tulus serta dibalut oleh keimanan dan ketaqwaan yang kokoh-kuat dan ditopang oleh kesehatan yang prima.

    Wajah tidak cantikpun akan tetap menarik jika dibalut apa yang saya sebutkan diatas.

    Tulisan di bak belakang truk kan juga macam dan lucu2, misalnya :
    – “putus cinta sudah biasa, putus rem matilah kita”-

    Salam dari pakde di Surabaya

    Comment by Pakde Cholik — August 14, 2009 @ 9:36 am | Reply

    • hmmm… iya pakdhe.. setuju sekali😀
      mari kita memoles diri kita dengan akhlak, budi pekerti, senyum nan tulus serta keimanan dan ketaqwaan yang kokoh-kuat dan memiliki kesehatan yang prima
      *tulisan dibelakang truk dan angkutan umum memang macem-macem dan lucu-lucu.. jadi pengen dikomentari semuanya hehehe

      Comment by ningrum — August 16, 2009 @ 4:38 pm | Reply

  4. hehe hati yang ganteng kaya gimana yah..?😀

    Comment by zev — August 15, 2009 @ 7:07 am | Reply

    • yang memancarkan kebaikan untuk orang-orang di sekitarmu🙂

      Comment by ningrum — August 16, 2009 @ 4:30 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

