catatan kecil

November 8, 2009

berharganya sehat ketika sakit

Filed under: catatan,koreksi diri — ningrum @ 6:32 am

sehat akan terasa amat sangat berharga kala kita terbaring sakit tidak berdaya.

setelah terbaring sakit, ada sesal yang muncul diiringi pertanyaan, “mengapa saya tidak menjaga kesehatan saya?”. sakit itu tidak enak. terbaring tak berdaya kala virus dan bakteri tengah merajalela didalam tubuh kita. merasa lemah untuk melakukan apapun. bahkan setelah antibiotik masuk untuk membantu menyingkirkan bakteri tersebut, kita masih merasa tak berdaya kala terjadi pertempuran antara antibiotik dan bakteri itu. belum lagi efek samping yang dihasilkan antibiotik terhadap sistem lain di tubuh kita.

sakit –> makan tak enak, tidur tak nyenyak

namun ketika sakit, kita perlu asupan gizi yang cukup untuk membantu membangkitkan kembali sistem pertahanan tubuh kita. makanan yang sehat akan memberi kita energi yang cukup untuk bertahan selama masa pertempuran antibiotik dan bakteri. istirahat yang cukup juga diperlukan untuk mengembalikan kondisi tubuh kita. itu sebabnya, para dokter menganjurkan untuk bed rest kepada pasiennya dan menganjurkan pasien untuk mengkonsumsi makanan bergizi.

sakit, mungkin sebuah peringatan bagi kita untuk beristirahat sejenak dari kesibukan yang panjang dan tak kenal lelah. sakit juga sebuah ujian dari Allah agar berguguran dosa-dosa kecil kita. sakit juga peringatan agar kita mengingat kembali pada-Nya. bahwa tak ada daya dan kekuatan selain kekuatan-Nya. bahwa kita manusia jangan sampai lupa kepada-Nya. ketika sakit, banyak-banyaklah beristighfar memohon ampunan Allah.

dan ketika kembali sehat, jangan lantas lupa diri dan menenggelamkan diri kembali dalam kesibukan tak kenal lelah. ketika kembali sehat, jangan lantas menjadi sombong dan lupa pada-Nya. ketika kembali sehat, pergunakanlah nikmat SEHAT itu sebaik-baiknya tanpa melupakan SAKIT yang bisa kembali kapan saja. dan ketika kembali sehat, jangan lupa untuk mensyukuri nikmat SEHAT itu, karena sesungguhnya kita sering lupa bersyukur telah diberi kesehatan.

alhamdulillah…

18 Comments »

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Kita, sering kali, baru menyadari suatu nikmat ketika nikmat itu dicabut dari kita.

    Comment by alamendah — November 8, 2009 @ 6:38 am | Reply

    • silahkan mas..
      benar, ketika nikmat SEHAT dicabut sementara waktu, rasanya uring2an. alhamdulillah cuma sementara😀 kalau sudah sehat, kita patut sering2 bersyukur ^_^

      Comment by ningrum — November 8, 2009 @ 6:47 am | Reply

  2. karena penyesalan selalu terjadi belakangan,
    kita manusia tetap saja tdk mau belajar, mengharagai keshatan,
    padahal itulah karunia yg terbesar dari NYA.
    menjaga kesehatan adalah wujud dr rasa syukur kita padaNYA.
    Salam.

    Comment by bundadontworry — November 8, 2009 @ 4:54 pm | Reply

    • iya Bunda, selalu saja penyesalan datangnya belakangan.
      semoga kita bisa menjadi orang yang selalu mensyukuri nikmat SEHAT dari Allah, amiin🙂

      Comment by ningrum — November 9, 2009 @ 8:11 am | Reply

  3. wah ni postingan khusus buat aku yah yang lagi sakit..he he makasih loh..jadi terharu he he he

    Comment by zev — November 8, 2009 @ 8:10 pm | Reply

    • udah sehat zev?
      mbak buat tulisan ini buat siapa saja yang sedang sakit, termasuk zev🙂
      kemaren mbak juga sakit😀 alhamdulillah udah sehat

      Comment by ningrum — November 9, 2009 @ 8:36 am | Reply

  4. sehat memang anugerah terbesar
    tak terkira betapa berharganya sebuah sehat
    sehaaaat sehaaaat alwayss

    Comment by elmoudy — November 8, 2009 @ 10:29 pm | Reply

    • iya🙂
      mudah2an kita selalu sehat

      Comment by ningrum — November 9, 2009 @ 4:14 pm | Reply

  5. benar ningrum, sariawan dikit aja udah rasanya merana seluruh tubuh..🙂
    tapi bila sakit sudah datang harus dijalani dengan ikhlas, karena sakit itu juga rahmat seperti pohon yang menggugurkan daun-daun keringnya agar kelak tumbuh lagi daun baru yang segar… Subhanallah..

    Comment by nakjaDimande — November 10, 2009 @ 8:33 am | Reply

    • iya Bundo🙂
      perumpamaan Bundo indah sekali ya😀
      mudah2an kita bisa selalu menjadi orang yang ikhlas bila diuji dengan sakit

      Comment by ningrum — November 11, 2009 @ 9:32 am | Reply

  6. sakit adalah nikmat yan9 diberikan olehNYA,tetap bersyukur atas nikmatNYa,karna dibalik sakit ada seba9ian rezeki kita yan9 kita berikan pada oran9 lain,semacam rantai kehidupan..

    seHat adalah nikmat tiada tara,d9 sehat kita bisa melakukan berba9ai aktifitas,so keep our health🙂
    nin9rum da aku links yaa ,makasi🙂

    Comment by wi3nd — November 10, 2009 @ 9:09 am | Reply

    • makasi kembali wi3nd😀

      Comment by ningrum — November 11, 2009 @ 9:34 am | Reply

  7. salam,
    Alhamdulillah jika sudah baik kembali ya..

    Comment by nenyok — November 11, 2009 @ 7:28 pm | Reply

    • iya, alhamdulillah ney ^_^

      Comment by ningrum — November 14, 2009 @ 4:20 pm | Reply

  8. Benar buk dokter, saya dah pengalaman kok. sariawan saja rasanya njungkel-njungkel. Cewek cantik kelihatan jadi juelek pwol kalau kita lagi sakit.
    Makanya Rasulullah bersabda ” manfaatkan masa sehatmu sebelum datang sakitmu”
    Menjaga kesehatan is a must ya.
    Have a nice weekend honey
    Salam hangat dari Surabaya

    Comment by Pakde Cholik — November 14, 2009 @ 4:27 am | Reply

    • iya dhe, bener2 perlu weekend-nan-santai nih
      –> habis ujian tadi *_* puyeng abiz

      Comment by ningrum — November 14, 2009 @ 4:22 pm | Reply

  9. salam kenal semuanya… iya bu dokter bener tuu… karena klo Q’ta sehat suka lupa ama nikmat yang Alloh berikan kepada kita… mak dari itu Q’ta di beri sakit untuk mengingatkan Q’ta supaya supaya ga lupa diri, memperbaharui keIman & keTaqwaan Q’ta pada Alloh. sebagaimana Alloh berfirman : فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”. ayat ini di ulang2 trus smpe 31x. trus klo Q’ta sakit jangan keDUKUN yaaa ga bleeh itu.. HARAM. yang di anjurkan adalah Ke Dokter atau membaca surat2 dalam al qur’an & hadits yang telah di ajarkan oleh Rosululloh sholollohu alaihi wa salam. yang di kenal dengan nama (RUQYAH). EEM mampirya http://perjalanan-generasi.blogspot.com. mudah2ah bisa belajar dari semuanya… baru niii hehehe..

    Comment by fazs — November 20, 2009 @ 10:35 am | Reply

    • salam kenal fazs🙂
      duh, panjang komentarnya ya😀 terima kasih banyak

      Comment by ningrum — November 20, 2009 @ 2:12 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: