catatan kecil

June 20, 2010

cuplikan saja

Filed under: catatan — ningrum @ 7:00 am

pria itu hanya pegawai biasa di sebuah institusi pendidikan swasta. usianya 49 tahun. saya sendiri jarang sekali berbicara dengannya. namun, sehubungan dengan peran saya saat ini, peluang berbicara dengan Bapak berusia 49 tahun itu pun muncul.

hanya obrolan ringan biasa. beberapa orang beranggapan dengan busana yang saya kenakan, maka saya mungkin lebih paham beberapa hal menyangkut agama.

obrolan dimulai dengan isu memilih pemimpin, sampai pada pilihan-pilihan yang dibuat orang sehubungan dengan pandangan islam. beliau juga mengeluh, bahwa sedikit hal yang disampaikannya tentang agama, kepada teman-teman sesama pegawainya, malah membuat ia diejek dengan label ‘sok alim‘. padahal beliau mengaku hanya  ingin menyampaikan sedikit hal yang diketahuinya untuk mengajak orang pada kebaikan.

kalau kita ga mencari tau, bagaimana itu?” terjemahan saya: “kalau kita tidak berusaha mencari tau ilmu agama untuk diri kita sendiri, bagaimana kita bisa tau? kalau kita tidak tau, apakah kita akan terus bertahan dengan ketidaktauan kita? atau malah mencari tau?” untuk bagian ini saya menambahkan, “benar bang (hampir semua pegawai dipanggil abang), mencari ilmu agama itu fardhu ‘ain. kalau bukan kita yang berusaha untuk diri kita sendiri, siapa lagi?

lalu beliau berkata, “saya ga malu bertanya sama orang yang lebih muda dari saya, kalau memang mereka tau” (dalam hal ini mungkin beliau juga ingin meyampaikan pesan bahwa beliau juga tak malu bertanya banyak hal pada saya dan teman-teman saya, padahal kami mungkin sekali seumuran dengan anak-anak beliau). untuk bagian ini, saya menjawab dengan senyuman.

mungkin beliau hanya orang biasa saja. tapi kata-kata beliau membuat saya tersentuh. bahwa di usianya yang 49 tahun, beliau masih ingin belajar banyak hal, terutama ilmu agama. bahwa di usianya yang 49 tahun beliau tidak malu bertanya pada kami yang jauh lebih muda dari beliau.

saya lalu menyadari, ada banyak orang yang tidak peduli sama sekali, tentang belajar dan mencari ilmu agama. dan segelintir orang yang peduli, patut diacungi jempol. meskipun kepedulian mereka tampaknya kecil dan tidak menggebu-gebu, tapi mereka peduli…  setidaknya mereka sadar mereka butuh ilmu

14 Comments »

  1. Selamat Pagi,Mbak Ning sayang………
    semoga selalu sehat,amin🙂

    Bunda ingin terus belajar mencari tahu ttg ilmu agama Mbak Ning.
    Semoga dgn bersahabat dgn Mbak Ning , bunda bisa mendapatkannya.
    salam

    Comment by bundadontworry — June 21, 2010 @ 10:13 am | Reply

    • Pagi Bunda sayang🙂
      amiin, makasi Bunda
      ilmu saya masih sedikit sekali Bund *blushing*
      saya juga banyak belajar dari Bunda😉 (juga orang-orang lain)
      salam sayang selalu

      Comment by ningrum — June 21, 2010 @ 10:37 am | Reply

  2. Ass. wr. wb
    Ningrum,

    Baca tulisan, ingatkan aku bahwa Rasulullah pernah sampaikan bahwa ilmu itu penting dan pahalanya tinggi, sayapun sama dengan ‘beliau’ yang kamu maksud itu.
    Dengan kita banyak tahu, wawasan kita pun jadi tambah, terlebih aku tidak mengenal secara utuh ttg islam dan seperti apa dalamnya.

    Baru 1997 lalu lah aku kenal Islam, dan sebelumnya hanyalah KTP.

    Bila Ade, sempet, mampirlah ke Blog ku kita bisa share disana
    makasih banget, pamit dulu

    salam – satrio

    Comment by satrio — June 21, 2010 @ 10:19 am | Reply

    • Wa’alaikumussalam
      alhamdulillah… saya juga masih belajar dan terus belajar, insya Allah🙂

      insya Allah nanti mampir kesana mas
      salam

      Comment by ningrum — June 21, 2010 @ 10:44 am | Reply

  3. Ya bigitulah Mbak kehidupan.Banyak manusia yang mikir dunianya saja,sehingga lupa akhirat dan enggan cari ilmu agama.
    Masalah emncari ilmu itu memang wajib dan bahkan kita tak dilarang belajar pada lintas agama

    Comment by Si Buya — June 21, 2010 @ 11:47 am | Reply

    • benar sekali mas..
      masalah belajar lintas agama, saya no comment😀

      Comment by ningrum — June 26, 2010 @ 6:16 pm | Reply

  4. belajar itu tak mengenal waktu, walau ajal mau menjemput kita harus terus belajar, karena ilmu tak akan pernah habis untuk dipelajari..trims

    Comment by Brotoadmojo — June 21, 2010 @ 2:34 pm | Reply

    • benar mas🙂
      ilmu itu sangat luas

      Comment by ningrum — June 26, 2010 @ 6:17 pm | Reply

  5. umur gak pernah jadi ukuran untk kepintaran seseorang………

    Comment by tips beli rumah — June 21, 2010 @ 8:06 pm | Reply

    • banyak yang masih muda tapi pintar ya mas🙂

      Comment by ningrum — June 26, 2010 @ 6:20 pm | Reply

  6. setujuuuh..
    menuntut ilmu itu memang penting banget ^^

    ==

    Parodi Ujian Semester

    Kematian Pengantin Palestina

    Comment by kang ian — June 22, 2010 @ 6:38 pm | Reply

    • bener dek🙂

      Comment by ningrum — June 26, 2010 @ 6:20 pm | Reply

  7. belajar itu tak kenal umur🙂

    pa kabar dok ?

    Comment by wi3nd — June 25, 2010 @ 12:24 pm | Reply

    • hehe benar wi3nd😉

      alhamdulillah sehat wi3nd-cay🙂

      Comment by ningrum — June 26, 2010 @ 6:06 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

