catatan kecil

February 13, 2011

adil

Filed under: catatan,dari h@T! — ningrum @ 11:36 pm

Aku baru menyadari bahwa ternyata “adil” itu amat sangat relatif. Dengan kata lain, berbeda sudut pandang, maka berbeda pula makna “adil”.

Untuk itu, dasar yang akan kita jadikan pijakan dalam berlaku “adil” juga harus jelas. Harus ada peraturan baku untuk bisa menjadikannya “adil” dilihat dari segala arah.

Namun, banyaknya perbedaan sudut pandang serta banyaknya jenis pemikiran, akan mempersulit pembentukan peraturan baku untuk menjadikan sesuatu itu “adil” dalam pandangan semua orang.

Sementara berharap adanya sebuah peraturan baku, serangan berbagai pihak untuk menjadikan sudut pandangnya sebagai peraturan baku malah semakin membuat hal tersebut menjadi semakin tidak adil.

Adakalanya, ikhlas akan membantu kita memandang sesuatu itu sebagai sesuatu yang “adil”. Adakalanya, dengan menerima sebuah ketetapan sebagai sesuatu yang memang diperuntukkan untuk kita, kita tidak merasa diperlakukan “tidak adil”.

Bagiku yang percaya bahwa diatas segalanya ada “Yang Maha Adil”, aku meyakini bahwa apapun yang diberikan padaku, memang itulah yang pantas aku terima. Bukankah hidup juga bagaikan putaran roda? Kadang kita berada di atas dan kadang kita berada di bawah? Jadi jika suatu ketika kita merasa diperlakukan tidak adil, maka akan ada saat dimana keadilan itu pasti ditegakkan.

Aku sedikit berprasangka, bahwa orang yang merasa diperlakukan tidak adil oleh suatu sistem, kemungkinan adalah orang yang kurang bersyukur. Dan orang yang merasa diperlakukan sangat adil oleh suatu sistem, sementara pada saat yang sama ada yang merasa diperlakukan tidak adil, maka orang tersebut kemungkinan adalah orang yang sombong dan congkak.

Untuk itu, bagi mereka yang merasa diperlakukan tidak adil, tunggulah perputaran roda itu, bersabarlah, dan terimalah dengan ikhlas keadaan yang memang harus diterima. Karena besar kemungkinan, dari tempat lain yang tidak kita sangka-sangka, akan ada balasan untuk keikhlasan dan rasa syukur itu.

Sedangkan bagi mereka yang merasa diperlakukan adil, sementara pada saat yang sama ada yang merasa diperlakukan tidak adil, maka berhentilah bersikap sombong, dan lihatlah kebawah. Berhentilah mendongak. Syukuri dan terimalah yang ada, bukan dengan sikap angkuh. Jika engkau ikhlas, berikan kelebihan yang engkau anggap “adil” itu kepada orang lain yang mungkin membutuhkan. Dengan begitu, ketika roda berputar, dan engkau berada dibawah, niscaya akan ada yang memberikanmu sesuatu sebagai kompensasi “ketidakadilan” yang engkau rasakan nanti.

Lihatlah, betapa sebenarnya “Yang Maha Adil” akan selalu menegakkan keadilan. Dan percayalah…

4 Comments »

  1. like this!!!

    Comment by ivan — March 18, 2011 @ 7:01 am | Reply

    • thanks😀

      Comment by ningrum — March 19, 2011 @ 9:10 am | Reply

  2. Salam Kenal Ningrum..!

    “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H…”

    Comment by Hendri — September 1, 2011 @ 6:06 pm | Reply

    • salam kenal ^_^

      Comment by ningrum — December 17, 2011 @ 11:18 am | Reply


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: